Senin, 09 Juli 2012

Mas, VGA nya kok IntelHD katanya NVIDIA ...



 Butuh kesabaran ekstra sa'at berurusan dengan user yang awam  
dan butuh lebih banyak kesabaran lagi
dalam menghadapi user yang sok tahu tapi awam 


NVIDIA GeForce GT610M pada ASUS A43SD
Beberapa waktu yang lalu ada yang minta tolong kepada saya buat bantuin ngecek masalah di Laptop ASUS A43SD miliknya. Dia bilang, VGA yang dimiliki notebook ini adalah NVIDIA GeForce GT610M 2GB, tapi saat digunakan VGA yang kedetek adalah Intel HD 3000 integrated dengan shared memory.
Kemudian saya coba melakukan install ulang laptop tersebut beserta driver bawaannya (dalam CD) dan ternyata benar, meski menggunakan GPU-Z NVIDIA nya terdeteksi, tapi tidak bisa digunakan.
Sistem yang digunakan di laptop ini adalah sistem 2 VGA dimana yang satu integrated Intel HD 3000 yang (seharusnya) digunakan hanya saat laptop tidak bergerak dalam High-Perfomance, sedangan NVIDIA GeForce GT610M (seharusnya) digunakan saat laptop berjalan pada High-Performance. Dicoba dengan mendownload driver NVIDIA terbaru pun tidak menyelesaikan masalah.
Saya coba cari solusi di forum resmi dari NVIDIA, tapi sepertinya tidak menemukan solusinya. Ahirnya saya coba mencari solusi sendiri, dan berhasil, NVIDIA dan Intel HD dua2nya terdeteksi, dan bisa berjalan. Bahkan kita bisa memilih sebuah program itu jalan menggunakan VGA yang mana.
Berikut langkah-langkah yang saya lakukan sehingga kedua VGA bisa berjalan, dalam catatan saya melakukan install ulang semua.
1. Install Windows 7
2. Install driver dari CD, tapi jangan ceklist VGA (ada dua, dan dua-duanya jangan di ceklist), karena kita akan melakukan instalasi drivernya secara terpisah.
3. Install driver VGA Intel HD bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart
4. Install driver VGA NVIDIA bisa dari CD tersebut, atau download di sini. Kemudian… Restart
Perlu diingat bahwa Driver terbaru NVIDIA GT610M sepertinya belum support. Saya masih menggunakan driver versi 285.64.
Setelah kembali masuk ke windows, NVIDIA Control Panel sudah tersedia.
1. Masuk ke NVIDIA Control Panel
2. Pilih manage 3D settings > pada Preferred graphics processor: pilih High-performance NVIDIA Processor
3. Pilih Set PhysX configuration > Select a PhysX processor: pilih GeForce 610M
Selesai deh, sekarang silahkan mencoba memainkan game 3D di laptop ini.
Btw, saya belum melakukan untuk seri ASUS lain yang menggunakan VGA sama, kalo mungkin memiliki masalah yang sama dan cara ini menyelesaikan masalah tersebut, silahkan dishare di sini. :D
—| Tambahan |—
Selain hal-hal diatas, apabila NVIDIA sudah terinstall dengan benar, kita juga bisa mengatur untuk “memastikan” bahwa VGA NVIDIA digunakan oleh Program tertentu dengan melakukan pengaturan seperti di bawah ini.

Gambar dibawah sekalian tambahan menunjukkan bahwa DXDiag hanya menampilkan VGA Utama, sementara menggunakan GPU-Z bisa menampilkan kedua VGA yang terpasang.
 

Berikut pertanyaan yg sering user tanyakan tentang masalah VGA di laptop mereka
 Tanya :
permisi ..  saya sudah mencoba dengan memilih manage 3D settings > GeForce 610M. akan tetapi setelah dicek lewat dxdiag yang terbaca intel hd bukan nvdia cuma VGA terbaca 27800MB
hal ini berbeda dengan asus NVIDIA GeForce 1GB yang tetap terbaca Nvdia… trimaksh

 Jawab :
VGA Utama memang Intel HD sehingga DXiag hanya mendeteksi Intel HD. Sementara jika di cek menggunakan GPU-Z akan terlihat bahwa VGA NVIDIA pun terdeteksi.
Prinsip kerja dari dual VGA ini adalah, apabila tampilan tidak butuh 3D Processing, maka VGA Intel HD-lah yang akan digunakan, sementara jika butuh 3D Procesing, maka VGA NVIDIA-lah yang akan digunakan.
Nah pada saat melakukan installasi menggunakan driver bawaan (CD ASUS), installasi driver NVIDIA bermasalah sehingga NVIDIA tidak terinstall sempurna, akibatnya proses pindah VGA saat menggunakan 3D Processing menjadi gagal.
Cara diatas digunakan untuk “ngebetulin” proses installasi driver yang gak sempurna ini.




 source : adan.web.id

31 komentar:

  1. wah makasih mas infonya, saya kira aada masalah ama VGA nya. soalnya pas diinstall disana kedeteck mas VGAnya di dxdiagnya, nah pas dirumah malah ga ke deteck

    BalasHapus
  2. terima kasih juga mas, sudah mampir kesini :)

    BalasHapus
  3. Mas maaf mau nanya,saya punya vga card Geforce 545, kalo saya cek pakai GPU-Z memorynya smp 3GB tapi kalo saya cek pake dxdiag kenapa cuma kbaca 473MB ya?mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  4. same issues, done, thank you...

    BalasHapus
  5. Byuuuh asus q juga pux tipe yg sama,dan mmiliki trovle yg sama,pertanyaanx knpa asus ngbuat tipe laptop bginian ya? Klo hasilx uda psti klo user hrus install ulng dsbg? Payah neh...

    BalasHapus
  6. thanks infonya gan, ane kira ni laptop perlu dibanting dulu baru ngedetek ni vga :D
    good note, like this yoooo

    BalasHapus
  7. terima kasih banyak, udah mampir dimari dan mau berkomentar
    matur sembah nuwun...

    BalasHapus
  8. terima kasih banyak mas sangaat bermanfaatt ,,,semoga mendapat balasan dari allah :)

    BalasHapus
  9. Gan klo masalah menginstal driver ATI RADEON di DELL inspiron n4050 bgaimana ??
    pliss tlong pencerahannya

    BalasHapus
  10. thx mas atas informasinya tapi kalo di laptop saya yg NVIDIA GeForce 540M pass saya mau main pes kebaca VGAnya tpi pass di seting mau naikin kualitas gambar eh yang kebaca Intel HD
    Mohon Penjelasanya..

    BalasHapus
  11. Butuh kesabaran ekstra sa'at berurusan dengan user yang awam
    dan butuh lebih banyak kesabaran lagi
    dalam menghadapi user yang sok tahu tapi awam

    pengalaman gw banget nih bro.....
    thx 4 sharing biar user yg sok tahu lebih melek teknologi,namanya aja vga DEDICATED minta kebaca di dx diag full nVidia or ATi,fyuh capek deeehhh,sampe botak sariawan juga gak bakal kebaca mau lappy merek apapun juga ,sekarang yang VGAnya dedicated pasti hanya kebaca intel HDnya kalo di dxdiag,sepengetahuan saya dx diag itu menghitung berdasarkan vga yg sedang berjalan,nah bagi yang dedicated nVidia or ATi di processor dengan basis intel pasti yg terbaca di dx diag pasti intel HDnya,karena di generasi processor intel sekarang sudah ditanam graphic2 yg High Definition,kadang lebay juga sih user,padahal seringnya browsing,chatting,sama game OL doang tapi minta VGAnya jalan murni dedicatednya...fyuh cape deh...jaman udah otomatis minta manual juga,Bagi yg sudah tahu mohon ralatnya,bagi yg belum tahu jangan sok tahu>>>ahahahaha>>>thx buat bro ipank udah nyediain forum awam menjadi paham

    BalasHapus
  12. Mantap gan, Makasih ya gan, udh nyari lama" akhirnya ketemu :D

    BalasHapus
  13. thanks

    nambah info, nambah ilmu

    BalasHapus
  14. Gan Saya Punya Nvidia GEFORCE 740m Sudah Saya Setting Di Nvidia Control Panel Ke High Perfomance, Aku Lihat Di Pes 2014 Cuma Kebaca Vram nya ama Sharednya, Tolong Di Bantu Aku Pake ASUS A46CB?

    BalasHapus
  15. yah sama nih saya juga pakai nvidia 610m

    BalasHapus
  16. siip gan,,, thanks banget infonya

    BalasHapus
  17. ikit share kang,,, hal yg sama terjadi pada saya,, laptop saya lenovo g470, dual vga amd radeon dan intel, setelah instal ulang di dxdiag cuma vga intel hd yg kebaca, waktu maen pes 2013 di setting juga cuma vga intel hd dgn rate bad, yg kebaca,,
    kasus saya, apakah ada masalah dgn vga saya, atau emg hal ini normal kang,,, ? mohon infonya,, suwun

    BalasHapus
  18. gan,saya kok ngga bisa install intel HD NYA

    BalasHapus
  19. Gan,saya kok ngga bisa install intel HD nya ada tulisan kayak gini "This computer does not meet the minimum requirements for installing the software"

    BalasHapus
  20. kalo saya masalah bit dan ddr nya kga kedeteksi, menurut agan apa masalahnya ya??

    BalasHapus
  21. saya juga punya masalah dengan VGA saya, setelah proses install ulang kalo dibuka di device manager NVIDIA saya tidak terdetect yang terdetect cuma intel HD, apa permasalahan tulisan diatas sama dengan permasalahan saya? makasih

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, terjawab sudah!
    thank's gan...

    BalasHapus
  23. Thanks... Brother.....

    BalasHapus
  24. assalammualaikum, mau tanya, ini laptop saya asus a450cc- wx250d, ram 4gb, ddr3, nvidia gevorce 720m 2gb, intel core i5, di cd drivernya harus window 8, tapi kemarin saya install ulang windows 7, dan driver asusny gak support ke laptop, saya cari drivernya dan alhamdulillah semuanya ketemu dan saya install semuanya, tapi setelah di cek pakai dxdiag dan gpuz vga nya mendeteksi vga intel hd graphic 4000, tapi saat main game need for speed underground 2 vga nvidia gevorce terdeteksi. yang saya ingin tanyakan apakah jika asus yang harus windows 8 dan sekarang di instal windows 7 akan mempengaruhi vga dan daya laptopnya, kemudian apakah akan membuat kerusakan pada vga nya jika bawaan vga nvidia yang seharusya difungsikan dan yang terdeteksi di dxdiag dan gpu z adalah intel hd graphic 4000. ditunggu jawabannya ya mas, wassalammualaikum

    BalasHapus
  25. dalam Invidia control panel kan ada 2 settingan, yaitu settingan 3D dan video

    nah punya saya yg settingan videonya gk ada..itu gimana ya solusinya biar ada?
    terima kasih

    BalasHapus
  26. makasih banyak infonya gan sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Bebas berkomentar asal sopan .. :)

Jumlah Pengunjung

Website counter

Your Position

 
IPANK SAMUDRA © 2011 Templates | uzanc