Rabu, 04 Mei 2011

RAM 4GB ? PAKE OS 64BIT AJA

Windows 7 32-bit Hanya Bisa Mendeteksi RAM Sebesar 3GB Saja


Beberapa hari yang lalu saya baru sadar ketika melihat salah satu gadget di desktop saya ternyata sistem operasi Windows 7 32-bit yang saya gunakan hanya mendeteksi total RAM sebesar 3070 MB, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, padahal RAM yang saya pasang di motherboard saya sebesar 4GB. Setelah saya cari tahu di internet ternyata banyak juga yang mengalami hal yang serupa, walaupun jumlah total RAM yang terdeteksi cukup bervariasi tapi semua yang saya baca berada di kisaran 3GB. Dulu waktu upgrade RAM saya pikir Windows 7 32-bit maksimalnya bisa 4GB, tapi ternyata tidak, sayang juga, kalau sudah gini saya jadi kepikirin mau upgrade saja ke Windows 7 64-bit.
Gadget untuk memonitor system di 
Windows 7

Lantas kemana gerangan sisa RAM yang tidak terdeteksi tersebut, setelah saya buka informasi detail mengenai komputer saya di menu Performance Information and Tools (bisa diakses di Control Panel lalu search nama menu-nya kemudian klik “View and print detailed performance system information”), Windows 7 32-bit saya ternyata bisa mendeteksi total RAM sebesar 4GB tapi sepertinya yang bisa digunakan hanya 3GB saja, sisanya ternyata dialokasikan ke VGA seperti yang bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.
Info detail mengenai 
komputer saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas berkomentar asal sopan .. :)

Jumlah Pengunjung

Website counter

Your Position

 
IPANK SAMUDRA © 2011 Templates | uzanc