Senin, 07 Februari 2011

CARA MENGHILANGKAN DUAL BOOT WIN XP

Cara menghilangkan dual boot Windows XP








Mungkin ada di antara kalian yang pernah mengalami hal seperti yang aku alami baru2 ini, yaitu saat komputer pertama dihidupin (boot), muncul pilihan dua boot, tapi sama2 boot ke Windows XP. Bedanya adalah yang pilihan Windows XP pertama bisa masuk ke Windows akan tetapi pada pilihan XP kedua tidak bisa masuk Windows, dikatakan bahwa Windows telah rusak dan kita disuruh untuk menginstal ulang.

Ya akhirnya yang aku pilih ya pilihan pertama terus. Tapi lama kelamaan kok hal ini mengganggu banget. Padahal di komputerku cuma instal satu Windows aja, tapi kenapa muncul dua pilihan boot?? Selidik demi selidik ternyata aku baru nyadar kalo hal ini muncul setelah aku melakukan kesalahan sewaktu instal Windows XP.


Pada waktu itu aku melakukan kesalahan dengan menginstal Windows pada Drive D, padahal pengennya diinstal di drive C. Akhirnya aku instal ulang lagi Windows XP di Drive C, trus pada Drive D langsung aku format. Nah, setelah selesai instal itu baru muncul permasalahan, ada pilihan dual boot Windows XP. Aku dah coba instal ulang lagi Windows XP dengan memformat seluruh hardisk, bahkan tuh hardisk udah aku jadiin satu partisi aja di C trus diformat baru instal Windows XP. Lagi2 setelah selesai instal ulang masih tetap muncul pilihan dual boot Windows XP, emang kurang ajar.

Akhirnya aku coba Googling, dan ketemu cara menghilangkan dual boot itu.
Nah gini caranya : (bila perlu, lakukan backup data terlebih dahulu)

* Di icon My Computer, klik kanan >> Properties >> Advance
* Cari Start Up and Recovery, klik Settings >>
* Pada Default operating system klik Edit, maka akan muncul notepad dengan nama boot.ini yang berisi

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect


* Nah, pada notepad di atas (yang dicetak tebal) kan terlihat ada dua tulisan multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect, hapus salah satu. Tapi ingat, kalian harus tau boot mana yang broken, pilihan boot pertama atau kedua, kalo yang pertama hapus yang di atas, kalo yang kedua hapus yang di bawah
* Restart, dan booting akan kembali normal. Pilihan untuk meload windows sudah hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas berkomentar asal sopan .. :)

Jumlah Pengunjung

Website counter

Your Position

 
IPANK SAMUDRA © 2011 Templates | uzanc