Senin, 07 Februari 2011

PELUANG BUAT SOBAT MUDA

PELUANG USAHA UNTUK ANAK MUDA

Kebutuhan ekonomi yang terus meningkat serta melambungnya biaya transport bahkan biaya buat nongkrong aja sampe naek, yang membuat dompet teriak-teriak. Penyakit kanker sering banget ditemui oleh anak-anak muda sekarang yang mungkin kurang beruntung dilahirkan di keluarga yang tidak tajir.
Alasan umur sudah tidak ampuh lagi untuk mentolerir keinginan hati untuk bisa berpenghasilan, sekarang udah jamannya yang muda yang berbicara dan bertindak, enggak perlu pengalaman banyak, enggak perlu modal gede, engga perlu pinter, yang penting mau dan tekun, so far itu pun cukup untuk memulai usaha.
Sebenernya banyak sekali ladang-ladang yang bertebaran disekitar kita, dan bisa dari berbagai macam bidang pun berserakan dimana-mana. Entah itu sesuai hoby atau sekedar sampingan belaka, namun apa salahnya dicoba, berikut sedikit uraian, apa aja sih yang bisa jadi mesin uang kita nantinya.
Mulai aja yah...
Fotographer Wedding
Banyak mahasiswa yang suka dengan photo-photo, ini terbukti dari banyaknya account deviantart dan friendster yang kebanyakan digandrungi oleh anak muda, terlebih setelah saya perhatikan, ternyata hasil jepretan mereka tidak kalah saing dengan para professional.
Kenapa enggak, coba tawarkan beberapa portfolio serta hasil retouching dari jepretan kalian, terus kasih deh ke wedding rent atau organizer, dan tawarkan harga khusus. Disamping mencari pengalaman, kocek pun masuk kekantong, yah sapa tau dapet gebetan pas acara resepsi pernikahan hehhe.
Designer Album Kenangan
Bisa photoshop dan corel?, suka ngedit-ngedit photo?, kenapa enggak coba usaha yang satu ini, namun memang bersifat musiman, tapi sekali dateng langsung mendatangkan keuntungan loh.
Kita cuma design layout dari album kenangan yang disesuaikan dengan tema yang digemari para siswa, atau bisa memberikan submisi serta refernsi layout tema yang menarik.
Kerjasama deh sama pihak percetakan yang memiliki mesin offset, project langsung dikepalai oleh kita.
memang disini kita bisa mengambil semua bidang dalam project pembuatan album kenangan, seperti fotographer, koreographer, percetakan dan design.
sewaktu saya SMA saya ditunjuk sebagai ketua tim design di SMAN 6 Tangerang, dan pada waktu itu pihak percetakan adalah cloxide yang tidak lain dikelolai oleh beberapa mahasiswa pos poltek bandung. Terkagum saya sewaktu itu kepada mereka yang masih muda bisa mengelola project puluhan juta bandung-jakarta.
IT Maintenance
Nah ini bisa jadi lirikan para mahasiswa yang sedikit menguasai tentang komputer, bermodalkan antivirus free dan uptodate serta utility pembersih system yang free, kita sudah siap menjadi seorang maintainer.
Kerjanya pun sebulan bisa 4 kali hadir, dan sehari nya paling memakan waktu 2-4 jam, dan bisa dibilang lumayan loh untuk kelas anak muda seperti kita.
nah gimana dapet klientnya?, ternyata caranya gampang-gampang susah.
  • Yang pasti bikin dahulu kartu nama yang seharga 20ribu.
  • sebuah proposal yang didalamnya package harga maintenance/bulan/tahun
  • sedikit sok kenal sok deket.
  • lebih baik lagi orang dalem dan relasi.
tips mencari klient : biasanya saat makan siang banyak para karywan yang pergi ketempat makan, sebelum kita mencari siapa orang yang akan kita tanyai, incer dahulu perusahaan mana yang mau disusupi.
misalnya diperusahaan A yang keliatan baru growth up, jika kita lihat ada beberapa karyawan yang keluar-masuk, nah merekalah target kita nantinya, ikuti kemana mereka makan, kalo bisa duduk tepat disamping mereka, cari yang biasanya berbaju rapih dan agak dewasa(biasanya mereka orang penting diperusahaan tersebut).
Setelah selesai makan biasanya mereka merokok atau sekedar minum dan ngobrol bareng temen, nah saat itulah kita coba kenalan sama mereka. Coba korek ada atau tidaknya sistem informasi didalam perusahaan tersebut, apa memang sudah ada IT divisinya atau belum. Jika belum, kasih kartu nama kita dan biasanya mereka bertanya kita ngapain aja, NAH!!! ini dia waktu presentasi yang bagus, ceritain jahatnya virus jika menyerang dokumen dan perluanya pertahanan serta perawatan pada komputer, biasanya, biasanya sih, perusahaan paling risih jika bertemu dengan virus, disitu tugas anda sebagai pahlawan kesiangan(karena siang-siang kan?). Tapi jangan terlalu offering kebeliau, biar dia tanya gimana proses selanjutnya, dan biarkan dia memutuskan apa harus membawa kartu nama tersebut ke atasannya, Jika beruntung, hitungan hari anda bisa ditelpon dan datang ke kantornya untuk mengadakan presentasi dan teken kontrak, disini proposal kita sangat bermanfaat.
Biasanya ada beberapa perusahaan yang sangat membutuhkan IT Maintenance seperti : Kantor Konsultan pajak, Perusahaan pengiriman barang, Perusahaan konveksi, penjualan sparepart, kontraktor.
Disini jangan takut ditanyai gelar atau background, asal anda bisa membuat mereka percaya akan kemampuan anda, mereka lebih memilih anda, dan INGAT!, selalu keep kontak dan bisa dihubungi, jangan dicuekin tuh kalo mereka nelpon.
Web/Software developper
Enggak perlu bisa PHP atau Bahasa pemograman web lainnya untuk membuat suatu situs portal atau sekedar company profile, gunakan saja sumber daya yang ada, seperti Content management system, biasanya joomla, phpnuke, postnuke, drupal, atau sekarang sering banyak yang gunain engine blog.
Pajang iklan diforum dan paketkan menjadi satu dengan hosting dan domain setahun, pasang harga bersaing, karena anda hanya menggunakan engine orang, jadi yang anda lakukan mengubah template serta menginstall beberapa modul sehingga cms sesuai dengan yang anda inginkan.
Berikan waktu singkat dalam pengerjaan, serta jaminan perawatan dari situs tersebut, ingat biaya perawatan diluar dari biaya pembelian, disini kita dapet pemasukan perbulan.
Outlet Mini
Anda bisa menjadi distributor resmi dari suatu produk pakaian atau memang mencoba sendiri menggunakan paten anda, yang pasti jika anda memiliki ide-ide tersendiri silakan dicoba, bisa juga anda membeli gambar-gambar dari anak kuliahana jurusan DKV dan menyablonnya di percetakan, lalu jual dengan harga yang pantas di outlet mini anda tersebut. Penjualan pun bisa melalui internet dan door to door sesama temen-temen mahasiswa.
Penulis
Nah, ini yang paling banyak digemari para blogger muda sekarang, mulai dari nulis kehidupan sehari-hari dan cerita gokil mereka, ada juga yang mencoba menulis sesuai akademis mereka, seperti buku IT dan buku lainnya.
Mudah-mudahan sebagai anak muda Indonesia yang sekarang mau tidak mau harus bersaing dengan para professional dan pengusaha besar, kita tidak takut lagi untuk melangkah dan mencoba, terlebih desakan ekonomi yang terus merengek dan hasrat untuk memiliki barang-barang pribadi khususnya untuk biaya kawin hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bebas berkomentar asal sopan .. :)

Jumlah Pengunjung

Website counter

Your Position

 
IPANK SAMUDRA © 2011 Templates | uzanc